Tuesday, June 20, 2017

Tips Mudik Sehat dan Aman

Tags

Mudik adalah Kegiatan yang rutin dilakukan oleh perantau setiap tahunnya untuk pulang ke kampng halaman  Mudik identik dengan tradisi yang dilakukan orang Indonesia untuk merayakan lebaran atau tahun baru dengan keluarga besar dikampung halaman.
mudik
(Mudik)
Mudik ke kampung halaman membutuhkan waktu yang cukup lama berada di perjalanan. Kegiatan seperti ini akan sangat melelahkan. Kondisi badan juga harus tetap sehat, jika badan dalam kondisi kurang baik maka akan menganggu perjalanan saat mudik. Penyebab kecelakaan salah satunya dipicu oleh kondisi pengendara(pemudik) yang kurang baik yang memecah konsentrasi saat mengendarai.

Kelelahan dan kekurangan cairan sering terjadi saat arus mudik, apalagi saat anda sedang menjalankan ibadah puasa hal ini berakibat fatal bagi mereka yang rentan tumbang seperti anak-anak orang tua dan mereka yang memiliki penyakit jantung dan hipertensi.

Tips Mudik Sehat dan Aman

Menjaga kesehatan sebelum berangkat mapun pulang sat musik wajib dilakukan agar anda dapat menghindari hal yang tidak diinginkan saat perjalanan. Lakukan hal berikut ini untuk memastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan baik, dengan begitu tidak ada kendala yang anda alami saat mudik.

1. Mengkonsumsi Makanan yang Bergizi

Saat mudik anda akan menghabiskan seluruh waktu anda dijalanan asupan cairan akan sangat dibutuhkan hal ini mencegah agar tubuh tidak lemas saat mudik.  Bagi anda yang mudik saat sedang puasa sangat disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat, protein sebagau sumber tenaga dan buah yang mengandung banyak air dan serat seperti semangka, jeruk, peer, apel saat sahur.

2. Olahraga

Melakukan olahraga ringan sperti push up, sit-up 3 hari sebelum mudik. Meskipun anda dalam kondisi puasa, olah raga tidak boleh ditinggalkan. Jalan-jalan sore disekitar kompleks menjelang waktu buka puasa bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap fit. Hindari merokok karena dapat menyebabkan kekurangan oksigen dan hindar Alkohol untuk mencegah dehidrasi dn konsentrasi berkendara.

3. Istirahat Cukup

Tidur yang cukup , mengurangi begadang adalah rahasia anda tidak mudah lelah saat mudik. Manfaatkan rest area yang disediakan untuk beristirahat minimal 2 jam sudah cukup untuk mengisi energi anda kembali.

4. Selalu Bawa Kotak P3K

Bagi anda yang memiliki penyakit tertentu jangan lupa untuk membawa obat yang sudah disarankan dokter anda. Bagi anda yang tidak memiliki penyakit seriuus anda harus tetap membawa obat-obat yang diperlukan saat perjalanan misalnya obat sakit kepala, obat kembung, mual dan peralatan P3K.

5. Bekal

Siapkan bekal dari rumah untuk perjalanan panjang anda. Usahakan tidak membeli makanan disembarang tempat.
  • Bawa makanan yang memiliki protein yang tinggi seperti: Telur, lontong.
  • Bawa buah-buahan segar yang mengandung banyak air seperti: pisang, apel.
  • Bawa persediaan Air yang cukup agar tidak terjadi dehidrasi.

6. Masker dan Jacket

Gunakan perlengkapan seperti jacket, masker. Selama perjalanan mudik untuk menghindari penyakit yang disebarkan oleh virus bakteri misalnya influenza.

7. Periksa Kondisi Kendaraan

Kondisi kendaraan juga perlu diperhatikan agar tidak ada gangguan yang menghambat perjalanan mudik anda.
  • Periksa tekanan angin, sistem kelistrikan kendaraan anda. Jangan lupa periksa oli mesin dan power steering dan minyak rem.
  • Persiapkan kunci-kunci seperti kunci inggris dan juga kelengkapan berkendara seperti SIM, STNK.
  • Gunakan helm bagi anda pengendara motor

8. Patuhi peraturan lalu lintas

Mematuhi peraturan lalu lintas berkendara dengan aman, berkendara di kecepatan normal, tidak perlu selap-selip kanan kiri. Selalu sopan dijalan karena kemampuan orang dijalan berbeda. Berkendara dengan arogan yang nantinya bisa mengakibatkan kecelakaan Keep Safety.

9. Jangan Bawa Barang Berlebihan

Membawa oleh-oleh untuk keluarga saat pulang mudik adalah hal yang wajar, namun jangan sampai barang bawaan anda menganggu kenyamanan anda saat berkendara(mudik) lebih baik anda memilih memakai jasa antar barang untuk mempraktiskan mudik anda.

10. Kunci Rumah

Saat rumah ditinggalkan pemiliknya untuk mudik para maling akan lebih leluasa melancarakan aksinya.
  • Pencuri akan sangat terarik dengan rumah yang kosong yang ditinggal penghuninya, Sebaiknya hindari hal itu. anda bisa menyiasatinya dengan lampu otomatis yang dapat menyala dan meti secara otomatis.
  • Jangan tinggalkan uang cash /perhiasan dirumah
  • Kunci jendela pintu sebelum meniggalkan rumah.
  • Matikan listrik, aliran Air, cabut slang kompor gas guna menghindari arus pendek yang mengakibatkan kebakaran.
  • Minta Satpam kompleks anda untuk mengecek keamanan dilingkungan rumah.
  • Pasang alarm untuk mencegah pencuri masuk ke rumah, jika perlu pasang cctv untuk tetap mengontrol kondisi rumah anda.

Mengutamakan keselamatan saat mudik dengan berkendara dengan aman merupakan kunci utama keistimewaan mudik. Jaga kondisi kesehatan diri anda dan keluarga. Selamat mudik keep safety.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon