Tuesday, April 4, 2017

Pentingnya Kesantunan Dalam Hubungan Pekerjaan

Pentingnya Kesantunan Dalam Hubungan Pekerjaan
(Pentingnya Kesantunan Dalam Hubungan Pekerjaan )
Anda diajarkan untuk berjabat tanggan bahkan mencium tangan orang yang lebiih tua saat anda kecil dulu, Kesantunan yang dijarkan oleh orang tua anda. Membangun kebiasaan yang baik dimulai sejak dini.

Banyak hal yang mencerminkan kesantunan yang telah diajarkan oleh orang tua anda, namun sering kali anda lupa untuk menerapkannya pada hal-hal kecil, dan itu dapat berpengaruh terhadap pandangan orang terhadap anda.

Contoh dalam hal berjalan menaiki tangga, teman anda dengan buru-buru menyrobot tanpa memperhatikan keadaan orang lain? Membuka pintu mobil ditempat parkir tanpa menengok kesekitar?

Hal tersebut dapat mengangu dan mungkin bisa mencelakakan orang lain, dan menjadi cerminan sikap kita sebenarnya. Penilaiannya adalah kesan pertma yang anda beri pada orang tersebut.

Anda tidak diperintahkan untuk selalu membantu rekan anda, seperti membukakan pintu kendaraan pada rekan wanita, tetapi lebih menuju bagaimana cara kita bernteraksi dengan sesama rekan kita, klien, bahkan atasan anda.

Orang Indonesia dikenal dengan kesantunan yang tinggi, ini membuat kita berfikir "kok masih ada orang yang tidak mengerti sopan santun".


Didalam lingkungan kerja ada beberapa hal mendasar yang dapat mencerminkan sifat profesionalisme atau terutama saat anda sendang bersama rekan atau ataan anda. Hal tersebut sering kali diabaikan karena anda mungkin sedang dalam keadaan buru-buru, maupun dalam keadaan sibuk.

Lakukan hal berikut agar pandang  orang terhadap kepribadian anda tidak akan langsung berubah sekejap mata. Jika dilakukan secara konsisten,hal tersebut dapat mengubah jenjang karir anda.

  • Hindari memtong pembicaraan rekan anda, terutama saat sedang melakukan diskusi pekerjaan . Perhatikan betul bagaimana cara menjadi pendengar yang baik. Dengan mendengar dan memperhatikan anda akan dapat memahami lebih baik apa yang rekan anda sedang dikusikan sehingga anda dapat mmecahkan masalah dengan mudah.
  • Batasi penggunaan telepon genggam saat anda beriinteraksi dengan rekan kerja.Terlalu terpaku pada gadget juga idak baik, sebainya pergunkan waktu itu untuk berdiskusi bersama rekan anda.
  • Bnagunlah hubungan yang beaik antara karyawan. Jangan memandang tinggi pangkat yang dia miliki, perlakukan mereka dengan baik, untunk membangun citra anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon