Tuesday, March 14, 2017

Cara Memperkuat Sinyal WiFi Android dan Laptop Hingga 2 Kali Lipat | Ratnaid

Tags

Mobile data sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai penunjang aktivitas kita. Sinyal WiFi yang lemah akan menggangu kinerja kita, Apalagi Indonesia berada di peringkat 122 dengan kecepatan internetnya.

Kekuatan sinyal internet tengantung dengan jenis layanan apa yang anda gunakan, jika layanan yang anda gunakan tidak dapat dijangkau oleh pengguna, maka otomatis kecepatan internet yang anda dapatkantidak maksimal.

Cara ini ampuh memperkuat penerimaan sinyal WiFi yang bisa anda aplikasikan pada Smartphone, laptop, PC.

Cara Menguatkan Sinyal WiFi

1. Upgrade Perangkat WiFi

Disaat ini sampai artikel ini ditulis ada 4 jenis teknologi  wireless yang tersedia, yakn A,B,G,dan N. Teknologi A,B, dan G adalah teknologi yang sudah lama yang memiliki kecepatan lambat. Sedangkan N adalah teknologi terbaru dan cepat. Jadi untuk menunjang kelancaran berselancar di internet gunakan versi N untuk mendapat kecepatan yang mumpuni.

2. Posisi yang Tepat

Sinyal WiFi tidak dapat menembus dinding, pastikan posisi router atau modem ideal, jadi anda perlu mencari posisi yang bebas dari penghalang, agar anda dapat mengakses internet lebih nyaman.

3. Hindari Perangkat Elektronik Lain

Tak hanya router saja yang mengangu kualitas WiFi, perangkat elektronik seperti microwave dapat menjadi penyebabnya, sangat mungkin menganggu kekuatan sinyal.

4. PakaiAntena Untuk Menguatkan Sinyal

Sinyal akan terpancar ke arah yang tak ter-arah, penggunaan antena bertujuan untuk mengarahan sinyal secara teratur.

5. Perbaiki Sistem Keamanan 

Jika anda telah mengunakan paket internet yang cepat, tapi masih saja lamabat saat mengakses internet. Kemungkinan ada yang masuk dan menggunkan koneksi WiFi anda tanpa seijin anda. Untuk mencegahnya gunakan password yang agak rumit dan gunakan enskripsi WPA2.

6. Kontrol Bandwith

Jika orang lain juga menggunakan WiFi pasti akan terasa lambat saat berselancar di internet. Anda dapat mengatur pengunaan bandwith agar orang lain tidak terjadi kebocoran bandwith yang dapat mengakibatkan koneksi lambat.

7. Gunakan DD-WRT Firmware

Cara yang cukup efektif yaitu gunakan aplikasi  DD-WRT Firmware, aplikasi ini dapat digunakan untuk menghach router agar kekuatan pemancar sinyal menjadi lebih tinggi. Trik ini cukup berbahaya untuk router anda namun bisa dinaikan hingga 70 mW, dan jangkauan sinyal akan bertambah 2 kali lipat.

8. WiFi Repeater

Penggunaan WiFi Reapater adalah untuk menerima sinyal yang senlanjutnya sinyal itu akan diperkuat kembali.

9. Restart 

Restart dan reboot tidak diperuntukan untuk komputer dan smartphoe saja namun Router juga perlu di restart. Restart Router secara rutin, agar kondisi Router berjalan maksimal.

10. Pastikan Hardware Bekerja Maksimal

Lakukan pengecekan secara rutin pada hardware laptop atau Smartphone anda pastikan sirkulasi udara dan listrik lancar dengan semestinya.

Sekian tips "Cara Memperuat Sinyal WiFi". Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon