Thursday, March 23, 2017

Gangguan Kesehatan Disebabkan Penggunaan Smartphone Berlebihan

Perkembangan teknologi yang saangat pesat mngakibatkan manusia terpaku dengan smartphonenya masing-masing. Timbul berbagai adanya gangguan kesehatan akibat penggunaan smartphone yang berlebihan.

Berikut Gangguan Kesehatan Akibat Smartphone:
  • Radiasi

    Paparan radiasi dari smartphone memang sejak lama menjadi perhatian banyak orang, terutama bagi para penggunanya. Namun, kita tidak dapat mengetahui seberapa besar dampak radiasi pada tubuh kita.
  • Insomnia

    Kurang tidur dapat berdampak buruk pada kesehatan mental, untuk mendapatkan tidur yang berkualitas tidaklah mudah.Smartphone kini menjadi penghalang anda sebelum tidur, banyak dari anda yan rela mengecek status media sosial anda sebelum tidur, itu yang menjadi waktu tidur anda tidak maksimal.
  • Cyber Sickness

    Penderita gangguan cyber sickness akan merasakan pusing dan mual ketika menatap layar smartphone. Ini timbuk karena sensor perasa, Hal ini sama dengan saat anda menaiki roller coster. Cybersickness biasa disebabkan oleh adanya  aktivitas menjelajah dihalaman web, film diadegan yang cepat atau permainan game yang cepat terutama game 3D.

    Cyber Sickness dimana mata kita melihat layar Smartphone dan gambar bergerak cepat pada layar namun tubuh kita tidak merasakan adanya gerakan tersebut. Hal ini menimbulkan konflik persepsi antara mata(visual) sensor dalam telinga (vestiular) dan sensor di dalam otot(propioceptive), hal tersebut dapat menimbulkan respon tubuh terutama otak dengan timbul adanya gejala cybersickness.
  • Tex Claw 

    Mengenaggam smartphone dalam jangka waktu yang cukup lama membuat tanggan yang mati rasa gejala ini ditandai dengan rasa nyeri pada daerah tangan terutama jari, pergelangan tangan lemah akibat memegang smartphone dengan intensitas tinggi. Terjadi akibat dipaksanya gerakan pada otot dan tendon yang terus menerus. pergerakan ini yang mengakibatkan otot dan tendon lelah sehingga  rasa nyeri pun tak terhindarkan.
  • Eye Strain

    Eye Strain atau mata lelah merupakan kondisi dimana penggunaan smartphone yang berlebihan. Kondisi ini disertai dengan gejala seperti pedih dimata, mata panas(kering) jarang berkedip saat menatap layar smartphone, sakit kepala dan iritasi. Luangkan sedikit waktu untuk merelaksasi mata dengan cara menempelkan air es di daerah mata.

    Selain itu gangguan lainnya adalah
  • Tulang punggung

    Tulang Punggung juga dapat terkena dampaknya. akibat penggunaan smartphone dengan cara duduk terlalu lama. akibatnya tulang belakang akan terasa kaku akibat. Cara mengatasi Sakit tulang punggug ialah Reaksasikan tubuh anda, oerbayak lakukan olah raga.
  • Nyeri Leher

    Dalam posisi menatap layar berjam-jam menimbulkan nyeri pada bagian leher. Rasa nyeri ditimbulkan adanya peradangan bagian sendi tulang belakang
Tips agar anda tidak mendapat gangguan kesehatan akibat penggunaan smartphone berlebihan.
  1. Minum Banyak Air.
  2. Mengkompres Mata dengan air es.
  3. Beri jarak 30 cm dari layar smartphone.
  4. Alihkan pandangan anda selama 20 menit dari smartphone.
  5.  Perbanyak makan vitamin A untuk melindugi mata anda.
 Nah iulah ulasan mengenai Ganguan kesehatan yang ditimulkan oleh Smartphone. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.


Artikel Terkait

10 comments

Semua yang berlebihan memang tidak baik. Nice info kak 😊

Yang paling kerasa adalah insomnia.. :( soalnya sy lagi ngalamin.. udah kayak kecanduan gadget.. :(

Aduh saya juga nih sering pusing,mata buram, dan nyeri leher nih kalau kelebihan main hp . Harus dikurangin nih kyknya hahaha 😁

Kyknya memang harus harus dikurangi nih

Waduh, ngeri-ngeri semua efeknya...
thank buat infonya...

semua hal yang berlebihan memang nda baik gan

Waduh, jadi takut saya mainin android terus


EmoticonEmoticon