Sunday, March 12, 2017

Curug Jenggala-Air Terjun Cinta Di Baturaden Purwokerto

Tags

Curug Jenggala terletak di Baturaden, Baturaden sendiri teletak di Selatan Gunung Slamet yaitu gunung tertinggi di Jawa Tenggah. Memiliki udara sejuk tentunya bisa mnjadi terapi tersendiri untuk anda yang memiliki aktivitas di perkotaan. Wilayah Baturaden juga terkenal dengan legendanya yaitu legenda lutung kasarung. Kali ini Ratnaid akan mengulas Mengenai Curug Jenggala yang berada di Baturaden ini.

Apa sih yang unik di Curug Jenggala?

Curug jenggala yang menjadi destinasi wisata baru di Jawa terngah kini banyak terlihat di media sosial seperti facebook dan instagram. Panorama alam yang unik serta usaha masyarakat untuk memperindah alam sekitar mampu menarik minat para wisatawan untuk berkunjung.

Curug Jenggala
(Curug Jenggala)
Uniknya disini kita bisa berfoto di selfie desk(papan bebrbentuk love) yang brada di tepi air terjun. Berfoto dengan background ditambah hawa sekitar air terjun yang sejuk membuat anda betah berada ditempat ini.

Pada awalnya curug jenggala diberi nama curug tempuan.Nama curug jenggala berasal dari 2 sungai aliran sungai yang bertemu.
Curug Jenggala
(Curug Jenggala)
Dengan upaya masyarakat dan pemerintah, Akhirnya curug atau air terjun yang masih termasuk baru ini, mulai dibenahi dengan memperbaiki jalur masuk menuju air terjun dan penambahan beberapa fasilitas umum untuk para wisatawan seperti toilet.

Rute Menuju Curug Jenggala

Terletak di Dusun kalipagu, di desa Ketenger Kecamatan Baturaden. Lokasi curug jenggala masih berada didalam lahan milik Perhutani KPH Banyumas Timur.

  • Rute dari arah Banyumas membutuhkan waktu 45 menit
Ambil Jl. Ksatrian , Jl. Karang Kobar , Jl. Jatisari, dan Jl. Riyanto ke Jl. Profesor DR. HR Boenyamin di Pabuaran ambil  arah barat di Jl. Telpon menuju Jl. Purwabakti lalu belok kanan ke Jl. Purwabakti lalu belok kiri ke Jl. Adhyaksa-Belok kanan ke Jl. Merdeka-Belok kiri ke Jl. Gatot Subroto-Belok kanan ke Jl. Ksatrian-Terus ke Jl. Karang Kobar-Terus ke Jl. Jatisari-Belok kanan ke Jl. Riyanto-Ikuti Jl. Raya Baturaden ke Karangmangu-Belok kiri ke Jl. Profesor DR. HR Boenyamin-Terus ke Jl. Raya Baturaden menuju ke tujuan Anda di Ketenger-mengikuti jalan anda telah sampai di Curug Jenggala

Selanjutnya perjalanan harus dilanjutkan berjalan kaki (tracking) menuju air terjun, Hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk sampai ke air terjun. Jarak dari tempat parkir sekitar 400-500 meter.

Tips Mengunjungi Air Terjun Curug Jenggala

1. Siapkan stamina yang fit agar bisa leluasa menikmati segarnya air terjun
2. Pastikan kendaraan anda dalam kondisi baik.
3. Bawa perbekalan yang cukup
4. Bawa baju ganti
5. Lindungi perlatan Elektonik jika hendak mendekati air terjun.

Artikel Terkait

2 comments

thanks info nya,nambah wawasan nih gan

jadiin referensi wisata bagus nih, Bookmark dulu


EmoticonEmoticon