Saturday, June 24, 2017

Tradisi Lebaran Khas Indonesia

Idul Fitri adalah hari raya umat islam yang jatuh pada tanggal 1 syawal pada penanggalan hijriyah dan mulai berakhirnya ibadah puasa pada bulan Ramadhan. Hari kemenangan bagi umat muslim diseluruh dunia dan tentunya, Indonesia yang termasuk negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Di Indonesia sendiri, lebaran merupakan perayaan yang dilakukan secara besar-besaran oleh umat muslim yang tersebar diseluruh pelosok daerah. Disetiap daerh memiliki tradisi budaya yang unik dalam menyambut datangnya lebaran. Tradisi lebaran ini sudah melekat dengan budaya daerah tersebut tanpa meninggalkan akidah ajaran agama islam. Selain

Tradisi Lebaran yang Masih Terjaga Kelestariannya

Tradisi ini dilakukan oleh orang yang merantau dan memiliki keluarga yang jauh. Di saat ebaran memans mengasikan jika brkumpul bersama keluarga besar.

1. Mudik 

Banyak para perantau yang kembali dari kota asalnya untuk pulang ke kampung halamannya disetiap Lebaran dari tahun ke tahun. Karena libur lebaran lebih panjang dari libur di har lainnya, sehingga orang-orang lebih memmiliki banyak waktu untuk pulang ke kampung halaman.

2. Halal Bi Halal

Saling bermaaf-maafan satu sama lain, Orang tua, sanak saudara, tetangga. Tradisi ini juga merambah ke perkembangan jaman, kini tidak perlu menemui orangnya langsung namun kita dapat melakukan video call, atau telpon untuk dapat meminta maaf.

3. Takbir Keliling

Tradisi ini sangat mengasikkan , kellilig bersama memutari kampung dengan membawa obor dan mengumanndangkan takbir.

4. Ketupat

Makanan wajib yang dihidangkan saat hari raya adalah ketupat. Ketika seseorang mengadakan open gouse pasti mereka menyajikan ketupat dengan opor ayam, dagig rendang semur dan kerupuk. 

5. THR

Tunjangan Hari Raya atau uang saku yang dibagika kepada sanak sauara / anak-anak adalah hal yang paling ditunggu.

6. Baju Baru

Tradisi baju baru saat lebaran sebenarnya di gambarkan seperti manusia yang lahir kembali(baru).

7. Ziarah

Seusai sholat ied warga biasanya mengunjungi makam orang tua yang sudah tiada untuk mendoakan.

8. Petasan

Meskipun petasan sangat dilarang untuk dipergunakan, namun lebara kurag meriah tanpenya. And harus ekstra hati-hati dalam memainkan permainan berbahaya ini.

Perayaan Lebaran di Indonesia

Keragaman budaya yang terdapat di Idonesia menjadikannya banyak sekali  cara meramaikan lebaran dan sekaligus sebagai bersyukur atas datangnya bulan ramadhan dan datangnya Idhul fitri. Berikut tradisi lebaran di Indonesia :

1. Meugang - Aceh
(Meugang-Aceh)

Meugang adalah tradisi yang dilakukan masyarakat aceh, memasak dan makan bersama untuk dibagikan kepada kaum dhuafa sebagai cara saling berbagi di bulan ramadhan. Para warga di Aceh akan berkumpul di Masjid terdekat untuk memasaka dan makan bersama dan tidak lupa membagikan sebagian makanan tersebut kepada orang yang tidak mampu.

2. Meriam Karbit Pontianak
(Meriam Karbit-Pontianak)

Saat malam takbiran warga Potianak akan berkumpul di sekitar sungai Kapuas untuk menyalakan meriam besar yang terbuat dari bambu. Tradisi ini sudah ada semenjak 200 tahun.

3. Pukul Sapu - Maluku Tengah
(Pukul Sapu-Maluku Tenggah)

Para warga desa morella dan desa mamala,, leihitu, Maluku tengah akan berkumpul di masjid besar untuk menyaksikan tradisi puku sapu yang dilakukan oleh para pria dari kedua desa tersebut.

4. Grebek Syawal - Yogyakarta
(Grebk Syawal-Yogya)

Warga Yogyakarta akan mengumpulkan hasil bumi yang disusun rapi membentuk kerucut dari pagelaran  di keraton menuju masjid agung. Setelah didokan hasil bumi akan dibagikan oleh warga yang hadir.

5. Tumbilotohe - Gorontalo
(Tumbilotohe-Gorontalo)

Warga Gorontalo akan menyalakan lampu yang berasal dari minyak tanah yang menerangi sepanjang jalan gorontao. Tuuan menyalakan lampu ini adalah untuk menerangi warga yang membagikan zakat,

Nah itulah beberapa tradisi menyambut lebaran yang dilakukan oleh warga indonesia. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda, Selamat Hari Raya Idul Fitri.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon