Thursday, June 22, 2017

Bahaya Phising dan Cara Menghindari Phising

Tags

Phising adalah istilah yang digunakan untuk mengambarkan seorang individu atau kelompok yang menyerang untuk memperoleh indentitas pribadi seperti E-mail dan password dan data penting lainnya.
Para pelaku phising melakukan dengan cara mengirim E-mail atau membuat halaman web yang sama dan dirancang untuk mengelabuhi para korbanya. Data yang diinputkn para korban akan otomatis masuk kedalam data server mereka. Karena halaman web ini terlihat seperti halaman yang sah, para korban phising mempercayai dan mereka memasukkan informasi pribadi mereka.

Bahaya Phising

Phising dapat berakibat pada akun anda, akun anda akan beralih kepemilikan. Akun anda dapat mengirimkan link-link yang menuju ke situs phising yang kasunya hampir sama yang seperti anda alami. Selai itu anda tidak dapat mengakses akun anda kembali.


Sebenarnya phising ini sangat mudah dihindari namun karena kurang hati-hati dan tidak memiliki informasi yang mumpuni tentang metode phising maka bisa saja terjebak. Ketika kita mengetahui cara kerja phising kita tidak akan mudah terjebak dan dapat menghindarinya. Berikut cara kerja phising:

Cara Kerja Phising

1. Para pelaku phising membuat kita mengklik link yang membuat kita tertarik untuk mengkliknya seperti berita hoax (yang tidak sebenarnya terjadi) link tersebut bisa terdapat di media sosial seperti facebook bujukan pada E-mail dan sebagainyaa.
2. Setelah kita mengklik link yang akan kita tuju kita kaan diarahkan menuju ke (link situs) yang palsu, misalkan kita mengklik link palsu di media sosial facebook.
3. Setelah kita mengklik link pals tersebut kita akana diarahkan menuju web facebook yang palsu, nah disini anda akan diminta untuk memasukan E-mail dan password, tanpa anda sadari anda telah memasukkan identitas login anda di facebook, Mungkin ditahap ini anda belum begitu curiga bahwa anda terkena phising.
4. Si pelaku phising akan mendapatkan akses login untuk facebook anda. Dalam hal ini si pelaku phising akan menyebarkan link-link ke teman fcebook dan bisa saja  teman anda mengalami kasus yang sama dengan anda.
5. Kemungkinan besar anda tidak bisa mendapat akses masuk ke akun anda, karena si pelaku phising sudah mengganti password login anda.

Si pelaku phising mahir membuat web yang sama persis dengan facebook, itulah kenapa kita tidak curiga memasukkan akun login facebook. Nah pada bagian ini anda bisa melihat di bar 
(Halaman Facebook Resmi)
Dalam bar tersebut https://facebook.com dimana https (hypertext transfer protokol secure) dapat diartikan sebagai bentuk protokol valid(benar) dan tentunya aman.

(Halaman facebook phising)
Berbeda dengan https, http tidak menjamin kemanan data anda. 

Cara Menghindari Phising

  • Pastikan laman web yang anda tuju resmi contohnya https://facebook.com(resmi) http://facebook.com(tidak resmi).
  • Jangan sembarangan menekan url halaman yang begitu menarik dimata anda dan tidak normal dimasuk akal.
  • Jika anda mendapat email phising dari bank atau anapun sebaiknya anda mengonfirmasi ke pihak (bank) yang terkait.
  • Update antivirus pada laptop anda, karena kompter yang terjangkit virus(malware) dapat mengakibatkan browser yang kita gunakan untuk menjelajah dapat menuju jalur prox yang tidak kita kenali, didalam proxy tersebut sudah tersettig dns yang tidak normal ( didalamnya sudah diatue beberapa domain yang menuju alamat ip (web) yang salah.
  • Kenali extension /plugin yang mencurigakan
  • Jika anda sudah terlanjur mengirimakan identitas anda dan si pelaku phising sudah meruba hak akses maka akun yang anda miliki akan hangus.
Anda harus sangat cermat dalam berjelajah internet agar phising dapat dihindari yang mengancam data pribadi anda, karena melalui data email dan password dapat mengakses akun yang tersambung dengan facebook, itu akan sangat merugikan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon