Saturday, July 1, 2017

9 Penyebab Fresh Graduate Susah Diterima Kerja

Pekerjaan adalah suatu hubungan antara perusahan dan karyawan, para karyawan akan mendapat gaji sebagai balas jasa dari perusahaan, besar gaji ditentukan oleh profesi karyawan. Setiap orang bekerja untuk memenuhu kebutuhan setiap harinya.

Fresh Graduate Susah Mendapat Pekerjaan
Penyebab fresh graduate susah mendapat pekerjaan

Masa SMA atau masa Kuliah sudah berakhir, itu tandanya anda harus segera mendapat pekerjaan. Beban yang berat kini harus anda angkut sendiri. Jika saat sekolah atau kuliah anda masih menjadi tanggung jawab orang tua, kini anda harus tanggung jawab pada diri anda sendiri. Kebutuhan pokok dan sekunder harus anda penuhi sendiri, dengan cara mendapat pekerjaan.

Mendapat pekerjaan bisa dibilang susah-susah gampang apalagi di zaman sekarang ini jumah lulusan lebih besar dari jumlah lowongan pekerjaan yang disediakan.

Penyebab Fresh Graduate Susah Dapat Pekerjaan

Ijasah bukan menjadi jaminan akan mendapat pekerjaan. Jika anda berada di sekolah  atau kampus yang  telah bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan bukan berarti anda bisa ikut terjaring menjadi karyawan perusahaan tersebut.

1. Kurangnya Persiapan
Mencari pekerjaan membutuhkan persiapan dan modal. Modal dan waktu sangat ditambah lagi tenaga dan biaya untuk membuat surat lamaran pekerjaan, mendatangi event kerja, job fair, Mencari inormasi di internet, bahkan sampai mengikuti tes di luar kota. Jika anda kurang memiliki persiapan yang cukup anda akan kehilangan peluang kerja.

2. Banyak Saingan
Memiliki banyak saingan saat mencari pekerjaan sangatlah wajar. Jumlah lowongan pekerjaan lebih sedikit dari jumlah setiap mahasiswa/sarjana. Belum lagi dengan jurusan yang kita ambil tidak sesuai dengan apa yang di spesifikasikan perusahaan.

3.Nilai Rendah
Memiliki nilai IPK atau nilai dibawah rata-rata juga menjadi penyebab sulit seleksi tahap awal. Bahkan perusahaan menyantumkan nilai IPK, Nilai ujian bagi para pelamarnya. Itu karena anda terlalu mengejar kelulusan sampai IPK / Nilai ujian terabaikan.

4. Terlalu Selektif
Menginginka pekerjaan sesuai keinginan memanglah susah. Namun jika anda tidak mau lama mengangur dan hanya menunggu kesempatan yang tidak kunjung datang, sebaiknya anda menerima saja pekerjaan yang ada. Sebab jika anda terlalu selektif dan membatasi kesempatan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan anda belum tentu anda nyaman, berani mencoba pekerjaan yang ada, siapa tahu itu akan menjadi pekerjaan yang menyenangkan untuk anda.

5. Kurang Skill
Perusahaan tidak akan mempekerjakan karyawan yang kemampuannya kurang dan tidak mempunyai semangat yang minim, karena sudah jelas itu akan merugikan perusahaan. Kemampuan yang harus anda miliki mencakup kemampuan teknik dan pengetahuan yang memang di butuhkan perusahaan misalnya anda memiliki kemampuan marketing(penjualan) yang baik dan anda memiliki pengetahuan mengenai dunia marketing yang luas. Selanjutnya attitude dan pembawaan diri yang baik menjadi nilai plus saat mendapat pekerjaan di suatu perusahaan.

6. Lama Studi
Perusahaan membatasi umur perekrutan setiap karyawannnya, Bagi anda yang kuliah yang membutukan waktu yang lama untuk mendapatkan gelar sarjana. Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah plihan yang bagus sebab dengan mendapatkan peringkat S2 atau S3 bahkan Doctor anda bisa mendapat pekerjaan yang lebih baik, selain itu anda juga dapat berkarier di dunia akademik spserti pengajar atau peneliti.

7. Ragu-ragu
Penyebab ragu-ragu pada diri anda tumbuh karna belum punya tekad yang kuat dalam dunia karier. Anda masih banyak mempertimbangkan hal yang apa yang akan anda lakukan di masa depan, misalnya melanjutkan pendidikan yang lebih lanjut.

8. Relasi
Kurang relasi atau link pada perusahaan yang melakukan perekrutan melalui karyawan kpercayaan juga dapat menyebabkan anda sulit untuk diterima dalam satu perusahaan. Beberapa pekerjaan yang bagus belum tentu di informasikan lewat umum. perusahaan kadang menminta karyawan kepercayaannya untuk mencarikan rekan yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Mulai sekarang bangun banyak jaringan yang memudahkan anda dalam hal apapun termasuk pekerjaan.

9. Pengalaman.
Pengalaman pekerjaan tidak hanya bisa anda dapatkan pada perusahaan tempat anda kerja dulu. Pengalaman bisa anda dapatkan pada organisai atau komunitas tertentu. Beberapa perusahaan merekrut orang yang sudah pengalaman yang sudah ahli dibidang tertentu.

Kunci kesuksesan adalah berani mencoba dan tidak menunda untuk mendapatkan hasil yang bik. Bagi anda yang baru saja lulus tetap semangat dalam mencari kerja dan gali lebih dalam potensi anda.

Artikel Terkait

3 comments

Bener banget gan kadang perusahaan lebih memilih yang sudah berpengalaman di bandingkan fresh graduate

semuanya emang bener sih, true banget.


EmoticonEmoticon