Sunday, April 9, 2017

Tips Diet Saat Puasa Ramadhan

Tips Diet Saat Puasa Ramadhan - Anda sedang dalam proses Diet, namun anda juga wajib menunaikan ibadah puasa saat anda diet. Ibadah puasa bukan penghalang untuk anda berhenti melakukan diet, namun puasa ini membantu anda dalam program diet anda.
Tips Diet Saat Puasa Ramadhan
(Tips Diet Saat Puasa Ramadhan)

 

Makanan Dan Minuman Saat Diet+Puasa

Saat berpuasa tubuh membutuhkan karbohidrat sebagai tenaga, protein, lemak,vitamin dan mineral dan tentunya serat. serat dapat didapatkan dalam buah-buahan dan sayur.

Nah kegagalan diet saat puasa adalah dimana anda menyantap berbagai makanan saat buka puasa sebagai pembalasan atas diet+puasa anda.

Cara Atur Menu Makanan Saat Puasa Dan Diet

  • Kombinasi Karbohidrat Kompleks dan Air Putih.

Nah bagaimana mengatur konsumsi air putih saat puasa?
Anda dapat menerapkan cara ini, dalam sehari anda harus mengonsumsi minimal 8 gelas dalam sehari, Terapkan 2 gelas sbelum sahur, 2 gelas setelah sahur, 2 gelas saat buka puasa, 2 gelas setelah shalat tarawih, nah dengan begitu konsumsi air and akan tercukup. Anda tidak akan terkena dehidrasi saat sedang puasa.

Untuk menu makanan usahakan siapkan makanan yang memiliki Karbohidrat kompleks yang baik. Makanan yang memiliki Karbohidrat Kompleks yang baik adalah kacang-kacangan(kacang hijau, kedelai, kacang merah) serta biji-bijian seperti beras merah.
  • Makan Ikan Sebagai lauk
Ikan adalahmenu buka puasa diet yang benar, tentunya pengolahannya juga harus benar, hindari memasaknya dengan mengoreng. Anda disarankan memilih ikan salmon atau tun karena memiliki asam omega 3 yang dapar mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

  • Ganti Nasi Putih Menjadi Nasi Merah
Anda harus mengurangi konsumsi nasi putih, Kenapa? Karena nasi putih lebih cepat dicerna leh tubu dan mengandung alori yang cukup tinggi sehingga dapat menikan kadar gula dalam darah.
  • Hindari Makanan Yang Digoreng
Makanan yang cara diolahnya dengan mengoreng mengandung lemak yang cukup tinggi. Oleh karena itu makanan yang digoreng didak disarankan untuk diknsumsi pada saat diet.
Jika anda gemar makan krupuk, hindari itu segera. Karena krupuk dapat menyerap minyak dan terdapat karbohidrat dari tepung.
  • Makanan Berserat
Untuk melancarkan pencernaan anda anda harus memaskkan sayura dan buh dalam menu anda.Buah dan sayuran mengandung banyak seat serta mudah dicerna oleh tubuh.

Menjadikan buah dan sayur menjadi hidangan pembuka seperti mengonsumsi kurma, salad. Tidak hanya saat buka puasa saja makan buah setelah sholet tarawih dan sebagai menu pembuka sahur sangat bagus.
  • Hidari Makana dan Minuman Bersantan
Takjil biasa menjadi menu buka pusa namun jika anda tengah berdit sebikanya anda tidak memasukkan menu makanan dan minuman bersantan pada menu anda. Makanan bersantan sarat akan lmak dan dapat menaikan kadar kolesterol anda.
  • Jauhi Minuman Bersoda
Segelas minuman cola dingin dapat menghilangkan haus anda, namun minuman bersoda tidak dipruntukkan bagi anda yang tengah diet.Dalam minuman bersodanda mengandung kalori yang tinggi, dan untuk anda yang sedang diet anda harus mengurangi konsumsi kalori yang berlebihan.

  • Hindari Fast Food
Makanan cepat saji banayk mengandug lemak dan kalori, dan bahan pengawet.

Cara Tetap Fit Saat Puasa + diet

  • Jangan Tidur Setelah Sahur
Menghindari tidur setelah sahur adalah cara yang tepat agar badan tetap Fit, Karena setelah sahur lambung membutuhkan waktu dalam proses penceraan. Oleh karena itu jangan tidur seusai sahur, ini membuat pencernaan terganggu.
  • Rajin Berolah Raga Saat Puasa
Bagaimana cara berolah raga saat puasa, nanti takut haus, kelelahan lalu batal puasa gimana dong?
Nah coba untu melakukan olah raga sebelum sahur selain membuat tubuh fit anda tidak akan kelelahan saat puasa nanti. Anggap saja anda berolaraga dan ngabuburit.

Itulah beberapa tips tetap diet saat puasa.Dengan anda melakukannnya secara konsisten diet dan puasa anda akan berjalan lancar dan anda tidak perlu hawatir terhadap size baju lebaran anda nanti.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon