Wednesday, April 19, 2017

Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo

Tags

Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo atau Curug Pedut berasal dari istilah bahasa jawa yang artinya Curug(Air terjun) Kedung(Penampungan Air) Pedut(kabut).
Air Terjun Kedung Pedut, Kulonprogo, Yogyakarta
(Air Terjun Kedung Pedut, Kulonprogo, Yogyakarta)
Salah satu wisata alam yang cantik yang dimiliki Kulonpogo dan dikenal dengan keindahan airnya. Warna yang bersih, jernih setrta berwarna hijau. Warna air yang hijau merupakan warna yang dihasilka oleh pantulan bebatuan yang berada di dasar sungai yang terpancar matahari.

Berekreasi di alam terbuka menjadi salah satu obat untuk menghilangkan kepenatanyang timbul dari kerasnya persaingan dunia kerja maupun yang lainnya

Berenang menjadi salah satu hal wajib bila anda mngunjung Air terjun Kedung pedut ini, siapa yang tidak tergoda dengan cantiknya air terjun serta jernihnya warna air yang membuat anda tidak sabaran ingin menikmati segarnya guyuran air tejun.

Bagi anda yang tidak berenang, tenang anda masih bisa ber-hunting foto, selca, maupun hanya sekedar menikmati pemandangan dan hawa sejuk di sekitar air terjun. Anda bisa berwisata kuliner di warung-warung sekitar air terjun.


Rute Menuju Air Terjun Kedung Pedut 

Air terjun kedung pedut terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.
 
Rute dari Arah Kota Yogyakarta
Arahkan kndaraan anda  dari Jl. Godean dan Jl. Nanggulan-Giri Mulyo/Jl. Raya Kaligesing ke Kabupaten Kulon Progo menuju Ke arah utara di Jl. Mataram menuju Jl. Mas Soeharto melewati Optik Naufal (di kanan menuju Jl. Mataram belok sedikit ke kiri dan menjadi Jl. Abu Bakar Ali melewati Inna Garuda (di kiri)-Terus lurus ke Jl. Ps. Kembang- melewati Hotel Mulia Kencana (di kiri)-Di Hotel Mataram, terus ke Jl. Jlagran Lor - melewati Hotel Kota (di kiri) - Terus ke Jl. Pembela Tanah Air- Belok kanan ke Jl. H.O.S. Cokroaminoto -Melewati Nasari (di kanan) - Belok kiri sebelum Planet Ban Godean - Lewati BANK BRI KCP Godean (di kanan)- Di Amway Yogyakarta, terus ke Jl. Godean- melewati Mirota Kampus (di kanan)
Terus ke Jl. Raya Ps. Kenteng- Terus ke Jl. Watu Murah - Terus ke Jl. Nanggulan-Giri Mulyo/Jl. Raya Kaligesing - Berkendara ke Jl. Sermo - Girimulyo Belok kiri
Terus ke Jl. Sermo - Girimulyo Air terju Kedung Pedut.

Waktu Terbaik Mengunjungi Air Terjun

Waktu terbaik mengunjungi air terjun yang cantik ini adalah pagi hingga sore hari. Di pagi hari suasana disekitar air terjun masih sepi sehingga anda lebih leluasa meikmati air terjun.
Saat siang hari pengunjung sudah mulai ramai berkunjung di air terjun.

Hindari hari libur
Hari libur dimana banyak orang yang meluangkan waktunya untuk berlibur ke tempat wisata. Sebaiknya anda bekunjung di hari dimana orang bekerja(Jangan Bolos), anda bisa mengambil cuti atau yang lainnya.
 

Fasilitas di Air Terjun Kedung Pedut

Air terjun Kedung Pedut dikelola oleh masyaraka sekitar dan dibawah naungan desa wisata Jatimulyo sudah terdapat fasilitas seperti toilet, Kamar mandi, Tempat duduk, Menara Pandang Parkir dan warung.

Tiket masuk 

Untuk menikmati pesona air terjun yang cantik ini anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam anda hanya akan dikenai biaya masuk menuju air terjun kedung kedut seharga Rp.3000/orang. Cukup murah meriah untuk menikmati tempat yang exotic ini.
Selain tiket masuk bagi anda yang membawa kendaraan pribadi akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp.2000/unit untuk motor dan Rp.5000/unit untuk mobil.

Tips Mengunjungi Air Terjun Kedung Pedut

  1. Siapkan Stamina yang fit.
  2. Periksa kondisi kendaraan, jika anda menggunakan kendaraan pribadi.
  3. Persiapkan Bekal makanana dan minuman serta peralatan seperti Kamera, baju ganti.
  4. Patuhi peraturan saat anda berkunjung di air terjun.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon