Tuesday, March 7, 2017

Penyakit Yang Disebabkan Rokok Dan Berbiaya Mahal

Penyakit Yang Disebabkan Rokok menjadi penyakit yang menghabiskan dana sekitar 25% Jaminan Kesehatan Nasional. Pemerintah mengungkapkan pnyakit itu sebagai penyakit katastopik (biayanya mahal) dan beresik tinggi membahayakan penderitanya.

 

Berikut Lima Penyakit Yang Disebabkan Konsumsi Rokok Sesuai Data Kementrian Kesehatan

  1. Penyakit Jantung Tiap Tahunnya menghabiskan dana 6,9 triliun
  2. Penyakit Kanker Tiap Tahunnyamanghabiskan dana 1,8 triliun
  3. Penyakit StrokeTiap Tahunnya menghabiskan dana 1,5 triliun
  4. Penyakit Gagal Tiap TahunnyaGinjal 1,5 triliun
  5. Diabetes MelitusTiap Tahunnya menghabiskan dana 1,2 triliun
Pada tahun 2016 tota biaya pengobatan mencapai Rp.14,58 triliun atau sekitar 22% dari total biaya layanan kesehatan Jaminan Kesehatan Nasional .

Mengapa merokok dapat menyebabkan penyakit tersebut?
"Karena asap rokok mangandung banyak zat kimia, temasuk juga racun-racun yang masuk ke dalam paru-paru lalu meneruskannya ke seluruh tubuh melalui pembulu darah".

  • Dalam Kandungan rokok terdapat Karbon monoksida,yang dikenal dengan radikal bebas. Tubuh terkenai radikal bebas yang mengambil oksigen untuk sel-sel darah merah. Radikal bebas ini menimbulkan berbagai penyakit mulai dari kanker dan penuan kulit.

  • Nikotin dalam aspap rokok dapat menyebabkan kelenjar adrenal (Kelenjar yang memproduksi 3 hormon yaitu "mineralokortikoid " berfungsi mengatur natrium dalam tubuh, "glukokortikoid" Meengatur kadar gula serta "gonadokortikoid" berfungsi mengatur hormo seks.   Nikotin ini memproduksi hormon yang meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung, Sehingga membuat jantung bekerja lebih keras dari biasanya. Ini penyabab mengapa perokok lebih tinggi terkena serangan jantung dan stroke. Nikotin menyebabkan pembulu darah menyempit kerena ada penebalan dinding pembulu darah.
Merokok menyebaban pembulu darah kecil menyempit, seperti pembulu darah di otak memicu stroke, pada pembulu darah koroner memicu penyakit jantngkoroner, di kemaluan membuat impotensi, dan ditali pusar mentebabkan janin cacat.

Semoga artikel ini berhasil menjawab pertanyaan anda, dan dapat bermanfaat untuk penulis dan pembaca.


Artikel Terkait

1 comments so far

memang rokok menyebabkan banyak penyakit, abis itu juga menyebabkan kantong jebol hehe


EmoticonEmoticon