Tuesday, February 28, 2017

Bahaya Radiasi-Cara Mengurangi Radiasi

Bahaya Radiasi-Gadget, komputer barang elektronik lainnya telah banayk digunakan untuk membantu menyelesakan pekerjaan kita, membantu mendapat informasi dari seluruh penjuru dunia, baik digunakan dalam rumah atau perkantoran. Kemudahan akses serta harga yang terjangkau setidaknya 1 orang memiliki 2 gadget sekaligus atau memiliki 1 gadget dan komputer.
radiasi komputer
(Radiasi Gadget Dan Komputer)

Namun dibalik semua itu Komputeatau gadget dapat menimbulkan kerusakan kesehatan kita terutama mata. Karena radiasi yang dikeluarkan oleh monitor komputer atau gadget itu yang menganggu kesehatan mata anda. Seiring berkembangnya teknologi, radiasi kompter dapat diminimalisir. Jika dulu layar komputer menyerupai bentuk balok kini komputer memiliki bentuk yang minimalis dan radiasinya pun semakin keci atau sering disebut Layar LCD.

Cara Mengurangi Radiasi Komputer

Penelitian tingkat pancaran gelombang elektromagnetik terhadap kesehatan, anda disarankan agar tidak menempatkan peralatan elektronik rumah tangga di satu tempat contohnya tv, komputer dan kulkas sebaiknya ditempatkan dalam ruangan yang berbeda. Kenapa? karena jika mereka saling berdekatan akan menimbulkan dan menigkatkan dosis radiasi dalam jumlah berlebih.

Radiasi komputer dapat mengakibatkan rabun mata, katarak, epilepsi. Dampaknya baru bisa dirasakan saat 20 tahun sejak anda aktiv mengunakan komputer dan gadget secara berlebihan. Dampak tersebut berjalan perlahan shingga anda terlambat menyadari.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Terlalu Lama di Depan Komputer

  • Pastikan anda menjaga jarak dengan komputer anda minimal 30 cm
  • Atur kecerahan layar anda tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap.
  • Atur Tinggi rendahnya Layar komputer anda sampai sejajar dengan mata anda 
  • Jangan Menggunakan Komputer dalam keadaan suasana gelap, usahakan ada pencahayaan disekitar anda.
  • Gunakan layar monitor yang brbentuk LCD/Plasma
  • Perbanyak makan sayuran yang mengandung vitamin A.
  • Untuk para orangtua anjurkan anak anda memberi jarak minimal 3 meter dari layar tv 
Semua alat elektronik pada dasarnya dapat mengeluarkan sejenis medan Elektromagnetik EMF(Electromgntic field) yang merupakan salah satu radiasi.

EMF merupakan  radiasi yang non-ionisasi, atau radiasi yang energinya tidak memenuhi mengionisasi atom  sangat berbeda dengan radiasi uranium, yang merupakan radiasi ionisasi.

Radiasi yang ekstrem dari alat elektronik adalah radiasi yang berasal dari microwave(mengeluarkan ) radiasi dengan frekuensi yang tinggi, jadi kita harus menjaga jarak dengan alat-alat tersebut.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon