Friday, January 27, 2017

Siswa Asal Sleman Berhasil Menciptakan Alat Pencegah Vandalisme | Ratnaid

Fandalisme Apa itu Vandalisme? Pernahkan anda menjumpai tembok- tembok pingir jalan,
sekolah, rumah , papan digambari atau dicoret-coret oleh orang yang tak bertanggung jawab.
Prihatin degan adanya aksi Vandalisme tersebut disekitar lingkungannya dua siswa yang masih duduk dibangku sekolah menengah ini membuat alat anti Vandalisme.

2 Mahasiswa yakni Reka Satya Nugraha dan Supriyono siswa SMK Negri 1 Seyegan Sleman Yogyakarta Temuan alat pencegah aksi Vandalisme
cara kerja alat ini adalah penanaman sensor gerak yang diletakkan di atas dinding, sensor gerak akan mendeteksi pergerakan manusia yang mencoret-coret dinding jika ada semprotan(pewarna) yang disemprotkan kedinding sensor akan otomatis menyiramkan air pada dinding yang dicoret tersebut alhasil coretan-coretan itu akan luntur seketika.

Tidak hanya itu sensor gerak ini juga dapat mendeteksi aksi pemanjatan dinding, Alat ini ditambahi alarm bunyi yang terkoneksi sensor gerak pada alat.
Mereka mendapat idde membuat alatini karena prihatin terhadap banyaknya coretan dinding (Vandalisme). Dari sanalah mereka terinspirasi membuat alat anti Vandalisme.

Bahan yang Dibutuhkan Unutk Membuat Alat Anti Vandalisme

  • Intel Galileo gen 1
  • Intel Genuie
  • Sensor Pir
  • Sensor Ultrasonic
  • Portal WiFi
Siswa jurusan Ototronik(otmotif elektronik) membuat alat ini dalam kurun waktu 3 minggu, dan untuk merakit dan membeli komponennya harus merogoh kocek sekitar 2 juta.

Alat ini akan mereka kembangkan lagi diantarana mengembangkan peluntur warna yang akan menghilangkan warna semprotan karena air kurang efektif. selain itu mereka akan mempeebaiki lagi sehingga akan mencapai hasil yang baik.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon