Friday, December 2, 2016

Pesona Air Terjun Sumber Pitu Tumpang Malang

Tags

Pesona Air Terjun Sumber Pitu Tumpang Malang - Pesona air terjun memang tak ada habisnya, ini salah satunya Sumber Pitu Tumpang yang berada dikawasan timur Kota Malang. Air terjun Sumber Pitu atau Umbulan Pitu Begitu Warga menyebutnya. Air terjun sumber pitu berada di kawasan sebelah barat pegunungan Bromo, yang tepatnya berada di Desa Duwet, Krajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Lokasi air terjun cukup jauh dari lintasan angkutan umum, disarankan untuk membawa kendaraan pribadi roda 2 maupun roda 4.
(Air Terjun Sumber Pitu Tumpang, Malang)

Keuntungan yang didapat saat mengunjung air erjun ini kalian kan mendapat 2 air terjun , yakni air terjun sumber pitu sendiri dan yang satu lagi air terjun Ringin. Jika kalian akan menuju air terjun ringgin kalian harus melewati tangga darurat dri bambu dan menuruni tebing kurang lebih 40 meter.  Hmmm.. butuh nyali yah. Namun tidak disarankan saat cuaca hujan , tangga akan sangat licin dan tidak disarankan untu anda yang takut ketinggian.

Ditebing sisi bagian utara Ringin Gantunga inilah yang disebut Umbulan pitu(Sumber Pitu) yang memenacarkan pesoan air terjun yang jernih dan deras. Dinding tebing tertutupi oleh hijaunya tanaman. Air terjun ini tidak cukup tinggi, debit air terjun dan jernihnya air terjun tak mengenal kondisi cuaca karena tanaman-tanaman menyaring derasnya debit hujan.

Warga sekitar meyakini jika air terjun sumber pitu berhubungan dengan Gunung Bromo, Bahkan warga dari luar wilayah tersebut dijadikan tempat ritual, serta menganggap air yang keluar merupakan air suci.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon